Pages

Sunday 19 May 2013

Perawatan Kuku Cantik

Perhatikan warna kukumu, deh. Kuku yang sehat, biasanya memiliki warna alami yang cenderung pink, kuat, tidak mudah patah dan tidak mudah mengelupas. Jika kukumu tidak menunjukkan tanda tersebut, tak perlu sedih. Soalnya nggak butuh perawatan mahal untuk memiliki kuku sehat, kok. Cukup dengan mengandalkan beberapa bahan alami berikut ini, kukumu siap tampil cantik.

Lemon

                         Buat terlebih dahulu satu buah lemon menjadi jus. Ambil satu sdm jus lemon tersebut, tambahkan satu sdm (sendok makan) baking powder, lalu aduk hingga rata. Ambil sedikit campuran tersebut, lalu letakkan setitik kecil pada tiap kuku. Ratakan dan gosok secara perlahan, kemudian bersihkan menggunakan air. Setelah itu jangan lupa mengoleskan pelembap pada jari-jari termasuk kuku disertai pemijatan ringan.

Madu & Telur
Kandungan protein di dalam telur dapat menutrisi kuku sehingga menjadi lebih kuat. Sedangkan madu kaya akan emolin yang bermanfaat melembapkan sekaligus melembutkan kuku. Caranya, masukkan madu dan minyak zaitun sebanyak dua sdm ke dalam panci kecil. Panaskan hingga kedua bahan tersebut tercampur rata, setelah itu diangkat. Tambahkan satu butir telur yang sudah dikocok terlebih dahulu, dan aduk ketiga bahan tersebut hingga benar-benar tercampur rata. Rendam jemari tangan ke dalam campuran ini selama 10-15 menit. Angkat dan bersihkan dengan air hangat.

Bawang Putih

Senyawa kimia baik yang terkandung dalam bawang putih, dapat membuat kuku terlihat lebih sehat. Ambil dua - tiga siung bawang putih berukuran sedang, cuci bersih kemudian parut hingga halus. Oleskan bawang putih halus ini pada tiap kuku sambil gosok perlahan. Diamkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lucia Leaf – Foto: Dok. FOTOSEARCH

No comments:

Post a Comment