Pages

Saturday, 19 January 2013

HITAM MANIS : Wanita Indonesia

ilenHitam manis...hitam manis
Yang hitam manis
Pandang tak jemu...pandang tak jemu
Yang hitam manis...pandang tak jemu

Dulu Mus Mulyadi sudah mengakui keistimewaan gadis berkulit hitam. Bahwa hitam itu manis dan tak jemu dipandang. Sebenarnya kurang tepat juga kalau disebut kulit hitam. Umumnya orang Indonesia yang berkulit gelap tepatnya berwarna coklat seperti sawo matang, tidak benar-benar hitam.

Ayu adalah sebutan untuk gadis berparas elok dan berkulit putih. Sementara yang berparas elok tetapi berkulit sawo matang disebut manis, makanya kemudian muncul istilah hitam manis. Kalau istilah sekarang di iklan namanya brownies, agak maksa sih. Dari lagu di atas maupun sebutan dalam masyarakat, sebenarnya wanita berkulit sawo matang juga bisa dan punya hak untuk jadi cantik dengan ciri khasnya tersebut. Sayangnya anggapan umum masyarakat Indonesia mengenai kecantikan adalah kulit putih, hingga hampir seluruh produk kosmetik menampilkan wanita berkulit putih.

Mengenai asal-muasal pemujaan terhadap kulit putih di Indonesia saya kurang tahu sejarah pastinya. Saya hanya mengira-ngira mungkin pada zaman penjajahan, banyak orang pribumi yang kagum pada wanita-wanita Eropa yang berkulit putih, sehingga wanita Indonesia pengen seperti mereka. Wanita Eropa dipandang lebih terhormat, lebih cerdas, dan lebih-lebih lainnya. Perkiraan kedua, yang lebih ngawur, bisa jadi karena cokelat adalah warna lumpur yang cenderung kotor, maka kulit cokelat pun dianggap demikian. Kulit cokelat yang tidak dirawat dengan baik akan tampak seperti kulit yang rusak, kusam, dan tidak enak dilihat, tidak seperti kulit putih yang tidak terlalu terlihat.

Wanita pun berbondong-bondong menggunakan kosmetik dan mencoba berbagai perawatan supaya kulit bisa lebih putih. Dari yang simpel macam lulur sampai suntik vitamin. Ada yang memang berhasil, ada juga yang malah ketiban efek samping. Saya juga tidak tahu pasti apakah kulit memang benar-benar bisa diputihkan. Karena menurut pendapat seorang dokter, kulit manusia yang berwarna gelap tidak bisa diputihkan, paling banter hanya bisa dibikin agak cerah dan tidak kusam.

Jadi daripada repot-repot cari kosmetik atau membahayakan diri karena ingin kulit putih, lebih baik akali saja kulit cokelat tersebut sehingga bisa tetap terlihat menarik. Produk kosmetik dekoratif seperti alas bedak, bedak, eye shadow, pensil alis, blush on, dan lipstik dari berbagai merek dijamin punya banyak warna dan beberapa di antaranya memang lebih cocok diaplikasikan untuk kulit sawo matang. Begitu juga dengan pakaian, si sawo matang bisa memilih warna-warna tanah atau yang lebih tepat dipadankan dengan kulit cokelat.

Tidak semua wanita cantik itu yang kulitnya putih. Tidak semua laki-laki mendambakan wanita berkulit putih. Cari saja laki-laki yang ngefans sama Mus Mulyadi, mungkin dia cari yang hitam manis juga. Kalau bingung warna make-up yang pas buat kulit cokelat, mungkin artis di bawah ini bisa jadi contohnya. Masih gak percaya juga kulit cokelat juga cantik?